Profil ORGANDA


Anggota ORGANDA
Anggota ORGANDA terdiri dari :

  1. Anggota

  2. Anggota Luar Biasa

  3. Anggota Kehormatan



Ketentuan tentang keanggotaan ORGANDA diatur lebih lanjut dalam Anggaran Rumah Tangga, sebagai berikut :

  1. Sistem keanggotaan ORGANDA bersifat stelsel pasif.

  2. Anggota ORGANDA adalah pengusaha angkutan darat di jalan yang menjalankan salah satu jenis usaha angkutan jalan berdasarkan perijinan yang syah serta berkedudukan diwilayah Republik Indonesia.

  3. Anggota Luar Biasa ORGANDA adalah individu / orang perseorangan yang memiliki keahlian, pengalaman, komitmen dan perhatian serta berperan terhadap dunia usaha angkutan jalan di Indonesia.

  4. Anggota Kehormatan ORGANDA adalah individu / orang perseorangan yang dianggap telah memilki karya/berkontribusi/berjasa secara nyata dalam upaya pembangunan dunia usaha angkutan jalan di Indonesia yang diangkat oleh Dewan Pimpinan Pusat.


Pendaftaran Keanggotaan

  1. Anggota, anggota Luar Biasa dan anggota Kehormatan ORGANDA pendaftaran keanggotanaannya diatur dalam Peraturan Organisasi (PO)

  2. Pendaftaran anggota ORGANDA wajib dilakukan oleh Dewan Pengurus Cabang / Unit ditempat anggota berdomisili, sesuai dengan ketentuan.

  3. Pendaftaran anggota Luar Biasa ORGANDA tingkat Cabang/Unit dilakukan oleh Dewan Pengurus Daerah, sesuai dengan ketentuan

  4. Pendaftaran anggota Kehormatan ORGANDA tingkat Daerah dilakukan oleh Dewan Pengurus Pusat, sesuai dengan ketentuan


Hak Anggota, Angota Luar Biasa dan Anggota Kehormatan
  1. Setiap Anggota dan anggota Luar Biasa ORGANDA mempunyai hak mengeluarkan pendapat, mengajukan usul dan pertanyaan secara lisan maupun tulisan kepada Dewan Pimpinan, serta hak perlindungan, hak membela diri jika dikenaan sanksi organisasi, dan mempunyai hak untuk memilih dan dipilih sesuai Anggaran Dasar.

  2. Setiap Anggota Kehormatan ORGANDA mempunyai hak mengeluarkan pendapat, mengajukan usul dan pertanyaan secara lisan maupun tulisan kepada Dewan Pimpinan.